Saturday, September 9, 2017

Review Anime part 3 (Ghibli)

0 comments



Anime karya ghibli ini adalah salah satu yang paling aku rekomendasi kan untuk kamu. Karena gambar pada anime ini bagus dan detail banget, juga jalan ceritannya yang sangat menarik. Maka karena itu, aku menulis ini dan berharap kamu juga akan menyukai anime ini. Terima kasih

1.                        The Secret World of Arrietty (2010)

Cerita berawal dari seorang anak laki-laki yang bercerita bahwa dia tidak akan melupakan musim panas dirumah lamanya.
Seorang wanita yang sangat kecil, mengambil beberapa daun dan tumbuh-tumbuhan, lalu seekor kucing berlari mengerjanya. Segera ia berlari dan memasuki sebuah lubang kecil di tembok, di dalam sana ia bertemu dengan dua ekor belalang yang berlari mengikutinya. Dengan segera ia berlari dan pulang kerumahnya. Wanita kecil itu bernama Arrietty.
Saat malam hari Arriety dan papanya pergi meminjam barang dirumah anak laki-laki besar itu. Tapi saat sedang mengambil barang-barang yang dibutuhkannya, anak laki-laki itu terbangun dan melihatnya. Sehingga tanpa sengaja Arriety menjatuhkan gula yang dibawanya. Lalu anak laki-laki tersebut bilang padanya, “Jangan takut.”

Dari sini cerita mulai semakin menarik, saat Arriety mulai berteman dengan anak laki-laki itu yang ternyata bernama Sho. Dan saat ia tiba-tiba bertemu dengan pemuda bernama Spiller yang seukuran dengannya. Serta saat keberadaan mereka diketahui oleh Bibi Haru yang adalah seorang pekerja dirumah besar itu dan ia berusaha untuk menangkap mereka.

Dengan bantuan dari Sho, Arriety berusaha menyelamatkan Mamanya yang diculik oleh Bibi Haru. Dan karena semua kejadian itu, Arriety dan keluarga terpaksa pindah ketempat lain, mereka pergi meninggalkan rumah besar itu dan pergi bersama Spiller. Semua hal itu membuat keluarga Arriety terpaksa meninggalkan tempat dimana mereka tinggal.

Disaat-saat terakhir Sho datang menemuinya, mereka saling mengucapkan perpisahan. Lalu Sho memberikan gula pada Arriety dan Arriety sendiri memberikan jepit rambutnya pada Sho untuk keberutungan agar operasi Sho besok lusa bisa berjalan lancar. Lalu Arriety memegang jari Sho dan menangis. Saat Arritety telah pergi, Sho berdiri dan melihat kejauhan, lalu ia berkata pada dirinya bahwa ia tidak akan pernah melupakannya, tidak akan pernah.
Dan keluarga Arriety berangkat pergi meninggalkan tempat itu dengan menaiki sebuah tempat air sebagai kapal mereka. Dan diatas sana, Spiller memberikan buah berry pada Arriety dengan malu-malu. Arriety tersenyum. 
2.                        Whisper of the Heart (1995)

Diawali dengan lagu latar berjudul Take Me Home, Country Road dan gambaran kota pada saat malam hari serta kegiatan orang-orang dijalan. Anime ini bercerita tentang anak perempuan bernama Shizuku dan kehidupan sehari-harinya.
Saat berada ditaman sekolah temannya, Yuuko bercerita bahwa ia ada menyukai seorang anak laki-laki dan ia juga ada membuat sebuah surat cinta untuk nya. Anak laki-laki itu bernama Sugimura.
Dalam perjalanan pulang, ia dan Yuuko pulang bersama, tapi ditengah jalan Shizuku baru teringat bahwa bukunya ketinggalan, jadi ia harus kembali kesana untuk mengambilnya. Lalu Shizuku berlari ke sekolah lagi, disana ia melihat seorang anak laki-laki duduk ditempat nya tadi sambil membaca buku milik Shizuku.
Dalam anime ini Shizuku mengalami dilema, saat temannya Yuuko menangis kepadanya, karena ia ditolak oleh Sugimura. Dan keesokan harinya  Sugimura menemuinya serta menyatakan cinta padanya dan Shizuku menolaknya. Semua hal itu membuat Shizuku menjadi bingung.

Lalu ia mengunjungi sebuah toko yang ternyata adalah milik Kakek dari anak laki-laki yang ia temui ditaman sekolah. Awalnya mereka saling canggung, tapi saat Shizuku melihat dia membuat sebuah biola, ia menjadi takjub. Dan anak laki-laki itu memainkan biolanya untuk Shizuku, lalu Shizuku menyanyikan lagu yang dimainkan oleh anak laki-laki itu. Dari sinilah akhirnya, hubungan mereka berdua mulai menjadi dekat.
Sedangkan hubungan Shizuku dan Sugimura menjadi canggung. Karena saat pagi hari yang hujan, Shizuku yang sedang berlari menuju sekolah bertemu dengannya. Dan pada saat itu, Sugimura yang melihatnya, berlari bergitu saja meninggalkan dia. Apalagi saat disekolah Seiji (nama anak laki-laki itu) menemui Shizuku dikelasnya dan seluruh kelas meneriaki Shizuku yang tenyata memiliki pacar, karena semua hal itu Sugimura terlihat cemburu. Dan Shizuku yang malu mengajak Seiji untuk bicara diatap saja.
Seiji bilang pada Shizuku bahwa ia telah memutuskan untuk pergi ke Cremona, Italia. Ia bercita-cita sebagai seorang pengrajin biola dan disana ada sebuah sekolah untuk para pengrajin biola. Jadi dia akan segera pergi saat dia sudah mendapatkan passportnya. Sebenarnya Shizuku terlihat agak sedih, tapi ia tetap menyemangati nya. Lalu dengan wajah agak memerah Seiiji mengatakan ketika ia pergi ke Italia nanti, dia akan menyanyikan lagu milik Shizuku dan bekerja keras. Tapi saat Shizuku ingin bicara, tiba-tiba ia melihat teman-temannya yang sedang menguping dibalik pintu. Jadi ia berteriak pada mereka dan saat itu Shizuku terlihat seperti ingin menangis.

Saat dini hari, Seiji datang menemuinya. Dengan menaiki sepeda mereka pergi untuk melihat matahari terbenam. Dan ketika itu Seiji tiba-tiba melamar Shizuku, yang dibalas dengan anggukan kepala dan senyum dari Shizuku. Jadi dengan bahagia Seiji memeluk Shizuku dan berteriak bahwa ia mencintai nya.
3.                        Kokuriko Zaka Kara (2011)

Pagi hari disebuah rumah. Seorang gadis bangun, lalu ia merapikan tempat tidurnya dan berganti pakaian. Ia keluar masak dan lalu ia memasang dua buah bendera didepan rumahnya, lalu sebuah kapal berbunyi. Dikapal itu ada seorang anak-laki-laki yang memasang tiga buah bendera.
Gadis ini mempersiapkan sarapan untuk keluarganya. Lalu ia dan seluiruh keluarganya makan bersama di meja makan. Sedangkan anak laki-laki itu turun dari kapal dan menaiki sepedanya ia berangkat ke sekolah. Gadis itu masih mencuci piring serta baju. Dan saat ia melihat jam, ia segera bersiap memakai seragam nya dan pergi ke sekolah.

Saat disekolah teman gadis itu memberitahu dia bahwa ada seseorang yang menuliskan puisi tentangnya yang selalu mengibarkan bendera saat pagi. Dan saat sedang makan siang, beberapa anak laki-laki disekolah nya membuat aksi pertunjukan dengan membuka tutup kolam dan memasang spanduk bertuliskan Quartier Latin, Serikat Anti-Pembongkaran. Lalu anak laki-laki itu loncat dari atas atap sekolah dan jatuh kedalam kolam.
Gadis itu bernama Matsuzaki Umi atau biasa dipanggil dengan sebutan Meiru. Ketika gadis itu melihat kejadian tersebut, ia berlari menghampirinya. Dan ia membantu anak laki-laki itu naik, tapi saat beberapa anak laki-laki datang dan menfoto kejadian itu. Ia segera melepaskan tangannya, sehingga anak laki-laki itu kembali jatuh kedalam kolam.

Meiru dan anak laki-laki itu mulai dekat. Saat adiknya Sora mengajaknya ke gedung Club House-Quartet Latin untuk meminta tanda tangan anak laki-laki itu. Dari situ Ia mulai membantu anak laki-laki itu di klub sastra. Lalu saat ia akan belanja, ia bertemu lagi dengan nya dan anak laki-laki itu mengantar nya untuk pergi belanja.

Nama anak laki-laki itu adalah Kazama. Ketika itu semua anak laki-laki dan beberapa anak perempuan berkumpul disatu ruangan. Banyak anak laki-laki yang berdebat untuk menghancurkan bangunan lama Quarter Latin dan membangun Club House yang baru. Dan ketika Meiru melihat aksi Kazama yang naik ke panggung, lalu dengan tegas Kazama bilang,”Menhancurkan sesuatu yang sudah tua, sama saja dengan menghancurkan sejarah.” Meiru terpaku mendengarkannya.  Tapi tiba-tiba suasana menjadi hening saat dua orang guru masuk dan mereka semua yang berada disitu langsung bernyanyi bersama.
Semuanya berjalan baik. Mereka terlihat saling menyukai. Tapi saat Kazama datang kerumah Meiru dan melihat foto Ayah Meiru. Semuanya mulai berubah, Kazama mulai menjauhi Meiru. Itu semua karena mereka adalah saudara, lalu Kazama juga menyuruh gadis itu untuk melupakan perasaan diantara mereka dan mulai berteman seperti sebelumnya.


Semua murid diClub House tidak ingin tempat itu dihancurkan. Jadi mereka semua bekerja sama agar gedung itu idal dihancurkan. Anak perempuan dan laki-laki bekerjasama membersihkan gedung yang kotor serta memperbaiki dan mengecatnya. Dan saat hari H saat ketua yayasan, kepala sekolah, dan guru mereka masuk ke dalam gedung Club House. Semua murid bersiap menyambut mereka dan bernyanyi, sehingga pada akhirnya gedung itu tidak jadi dihancurkan. Dan semua murid disana langsung tersenyum dan menangis.
Lalu Kazama mengajak Meiru pergi dari sana. Mereka berlari mengejar sebuah kapal dan menemui kapten kapal yang merupakan teman dari Ayah mereka. Dari sana diketahui bahwa ternyata mereka berdua tidak bersaudara. Saat itu orang tua Kazama (Ayah nya adalah Tachibana) meninggal dalam kecelakaan, jadi Sawamura (Ayah Umi) membawanya. Setelah mendengar semua itu, mereka berdua tersenyum. Lega.





No comments:

Post a Comment