Saturday, July 21, 2018

Recap K-Drama : Ms. Hɑmmurɑβi Episode 16 - END

3 comments
Recap K-Drama : Ms. Hɑmmurɑβi Episode 16 - END
Images by : JTBC
Hakim Bae menyuruh Hakim Han untuk sopan pada Hakim Kepala. Hakim Han menyuruhnya untuk diam. Hakim Sung yang tidak terima di pukul, meminta Hakim Kepala untuk menjatuhkan hukuman pada Hakim Han.

Ba Reun maju dan meminta untuk di berikan sanksi juga. Sama seperti O Reum yang telah membuat petisi agar Hakim Sung dulu di sidangkan, kini dia juga melakukannya. Dia membuat petisi dan meminta tanda tangan hakim untuk membatalkan sidang disiplin O Reum. Dan bukan hanya Ba Reun, Bo Wang juga maju dan memberikan petisi yang di pegangnya. Hakim Bae terkejut dengan kelakuan Bo Wang. Tetapi bukan hanya Bo Wang, hakim Kim, teman seruangan Bo Wang juga maju dan membela O Reum. Dia juga meminta Hakim Bae untuk bicara sopan dengan mereka, karena mereka juga hakim.
Hakim Sung malah mengancam akan memberhentikan para hakim itu satu persatu. Hakim Bae panik dan meminta Hakim Sung untuk tidak bicara macam-macam. Dia menyarankan Hakim Kepala untuk kembali ke ruangan.
Hakim Bae berusaha meminta Bo Wang berhenti meminta tanda tangan petisi tetapi Bo Wang tidak bergeming. Dia merasa tindakannya tidak salah.
Bo Wang menemukan hal aneh. Ada artikel mengenai korban percobaan pemerkosaan, Lee Ji Sun, yang setelah merubah pernyataannya di pengadilan,berhenti kerja di RS Seijin karena merasa bersalah. Tetapi, anehnya orang-orang melihatnya datang ke RS dengan pakaian kasual dan pergi ke ruang rawat inap VIP. Ba Reun jadi merasa ada yang aneh. Bo Wang memberitahu kalau artikel itu di buat oleh wartawan Kim Da In yang sangat kukuh mengupas hal ini. Ba Reun terkejut mendengar nama Kim Da In.

Esok hari,
Persidangan juri, dari masyarakat yang hadir dipilih 10 orang oleh jaksa dan pengacara secara acak.
Masyarakat yang hadir memiliki tujuan berbeda. Ada yang membela terdakwa, ada yang juga yang menentang, dan ada pula yang datang hanya untuk melihat miss hammurabi. Kepala juri juga dipilih acak oleh Hakim Han melalui undian dan akan di umumkan saat persidangan selesai.
Yong Jun akan melakukan konferensi pers malam ini karena akan mengambil alih manajemen dari kakaknya.
Jadi, isi persidangan di persingkat saja, ya. Si istri membunuh suaminya dengan gunting. Hal itu karena suaminya terus memukulinya karena dia ketahuan selingkuh. Pukulan suaminya membuat rusuknya patah dan mengenai paru-paru sehingga dia meraih benda terdekat dan menusuk suaminya. Benda itu adalah gunting. Kenapa ada gunting? Karena saat si suami memukulnya, si istri sedang menjahit saku jaket suaminya yang berlubang. Dan dari pengakuan tetangga, ketahuan kalau suami itu lah yang duluan selingkuh dan jika di tanya oleh si istri, suami akan memukul dan menendang istrinya tersebut. Si suami menendang sambil mengenakan sepatu tentara.
Pengacara pembela menyatakan itu adalah pembelaan diri sementara jaksa menyatakan itu pembunuhan.

Hakim Hong membuat artikel di situs pengadilan. Mengenai perlakuan Hakim Sung kepadanya yang tidak manusiawi. Dan saat itu, O Reum yang menolongnya dengan petisi tersebut. Artikel tersebut sudah tersebar dan dibaca seluruh hakim termasuk Hakim Kepala. Dan yang lebih menggagetkan, banyak hakim lain yang pernah bekerja sebagai hakim anggota Hakim Sung menuliskan pengalaman mereka yang diterimanya dari Hakim Sung yang kejam. Tidak hanya hakim wanita tetapi juga hakim pria.
Hakim Bae yang melihat arus mulai berubah, mulai memihak O Reum.
Para juri mengadakan rapat untuk menilai apakah terdakwa bersalah atau tidak. Dan banyak juri menyatakan kalau terdakwa bersalah. Hingga salah satu juri, menyatakan pendapatnya. Dia merasa kalau terdakwa tidak bersalah. Salah seorang juri setuju dengan pria itu. Tetapi, tidak dengan juri lain. Juri yang membela menyuruh mereka untuk membayangkan berada di posisi terdakwa dan di tendang puluhan kali setiap hari dengan sepatu tentara oleh pria berbobot 90 kg. Rapat berlangsung sampai dengan jam 6 sore tetapi belum ada kesepakatan. Salah seorang juri menyuruh voting, tetapi seorang juri membela, menyuruh untuk melanjutkan rapat hingga ada kata sepakat. Tidak peduli seberapa lama itu, karena hidup seseorang sekarang berada di tangan mereka.
 
Hakim Kepala menemui Hakim Sung. Hakim Kepala memberitahu kalau persidangan pendisiplinan O Reum akan dia batalkan. Dan persidangan pendisiplinan Hakim Sung akan segera di lakukan. Hakim Sung jelas kaget apalagi ketika di beritahu kalau banyak laporan mengenai sikap kejam Hakim Sung. Dan kasus ini bahkan sudah terendus oleh media. Hakim Sung benar-benar shock. Ditambah lagi, Hakim Kepala menyuruh Hakim Sung untuk merefleksikan diri dan mengorbankan diri untu pengadilan. Hakim Sung tidak terima, dia berteriak kalau dia hanya melakukan yang terbaik. Hakim Kepala tidak mendengarkannya dan berlalu pergi.
Berita mengenai sidang pendisiplinan O Reum di batalkan sudah tersebar dan semua hakim muda sangat senang mendengarnya.

Yong Jun melakukan konferensi pers. Awalnya semua berlangsung lancar, hingga Nn. Kim tiba-tiba berteriak membahas mengenai kasus malpraktek yang di alami nenek. Dan menurut pencariannya, orang yang hari itu melakukan operasi adalah prof. Joo tetapi, kemudian di gantikan oleh orang lain. Dan juga mengenai korban percobaan pemerkosaan yang merubah pernyataannya di persidangan ulang karena nyawa ibunya dalam bahaya. Saat dia sudah merubah pernyataan, ibunya diletakkan di daftar paling atas untuk penerima donor jantung.
Yong Jun benar-benar hancur karena hal itu dan semua orang meliputnya.
Para juri selesai rapat. Dan hasilnya, juri menyatakan kalau terdakwa tidak bersalah. Hakim Han dan yang lain lega karena putusan tersebut.

Namun, yang menyedihkan, Hakim Han memberikan surat pengunduran dirinya ke Hakim Agung. Dia sudah menemui Hakim Kepala dan memberitahu keputusannya, dia yang akan bertanggung jawab atas masalah yang ada. Hakim Kepala terkejut dan menyuruh Hakim Han untuk memikirkannya lagi, tetapi keputusan Hakim Han sudah bulat.
Ba Reun dan O Reum tentu sedih dengan putusan Hakim Han.


Dan….
Sek. Lee membuat kisah para hakim ini menjadi sebuah novel berjudul : Miss Hammurabi. Dan dia juga mengirimkan naskah novelnya ke kontes naskah JTBO (bukan salah tulis ya, tetapi memang di dramanya di buat JTBO bukan JTBC).

Epilog
Saat SMA, sek. Lee sudah pernah bertemu dengan Bo Wang di perpustakaan. Dan Bo Wang langsung jatuh cinta padanya di pandangan pertama.
Dan juga ahjussi yang dimarahi O Reum karena merebut kursinya di perpustakaan adalah Hakim Han yang sedang belajar untuk ujian hakim.
Ba Reun saat SMA pernah melapor ke polisi mengenai O Reum yang sepertinya mengalami pelecehan seksual tetapi polisi tidak mau mendengarkannya. Itu alasannya menjadi hakim.

3 comments:

  1. Knp polisi tdk mendengarkan? Akhir drama ba reun dan o reum bersatu atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Ba Reun tidak ada hubungan dengan O reum, di tambah lagi, laporan itu di buat hanya berdasarkan dugaan ba reun.
      Tidak ada di gambarkan hubungan O Reum dan Ba reun, jadi kita bisa menganggap mereka pacaran, mungkin

      Delete