Sinopsis C-Drama : Love You Like the Mountain and Ocean Episode 14


Sinopsis C-Drama : Love You Like the Mountain and Ocean Episode 14
Images by : Youku
Mendengar ucapan Shen Zhen, membuat Ye Lin merasa sangat cemas.
--

Ye Miao sudah masuk ke dalam kediaman paman Yan. Dia bahkan memakai baju paman Yan. Sementara itu, paman Yan sibuk membantu keponakannya mengerjakan PR.
Ye Miao tampak tidak nyaman dengan baju yang di gunakannya karena tidak pas. Ruining juga sama dengan Ye Miao. Lengan bajunya terlalu pendek dan bagian pinggang bajunya sangat lebar. Mereka berdua protes pada paman Yan karena harus memakai baju itu.
Paman Yan memberitahu Ruining kalau Ny. Ning Mo sudah memintanya untuk menjaga Ruining dengan baik dan jangan sampai sakit. Jadi, harus menggunakan baju tebal. Dan juga, mereka kan sekarang berada di pinggiran kota. Tidak ada AC atau pemanas ruangan. Jadi, jika tidak mau sakit, pakai saja baju itu. Sementara Ye Miao harus memakai baju itu, karena Ye Miao kan tidak ada membawa baju apapun.
Keponakan paman Yan, Yan Xiaodou, memberiitahu mereka kalau itu adalah baju ayah dan ibunya. Jadi, mereka harus menjaga-nya dengan baik (tidak boleh robek).
--

Ye Miao, Ruining dan Xiaodou makan malam bersama. Tapi, makanan yang di hidangkan hanyalah nasi dan sayur. Ye Miao tidak terbiasa karena tidak ada daging-nya. Ruining menyuruh Ye Miao untuk makan saja. Ye Miao akhirnya makan dan memuji rasa sayuran yang cukup enak.
Ruining kemudian bertanya tujuan Ye Miao datang kemari untuk apa? Belum juga Ye Miao menjawab, perhatiannya teralihkan karena Xiaodou memberikan telur angsa orak-arik. Ye Miao sangat bersemangat karena baru pertama kali makan telur angsa, dan tanpa sengaja dia malah mengatakan kata kotor.
Xiaodou yang masih polos, langsung bertanya arti kata yang Ye Miao katakan. Ruining langsung memukul dan dengan berbisik memarahi Ye Miao karena sudah berbicara kata kotor pada anak kecil. Ye Miao yang tidak bisa memberitahu arti sebenarnya, malah mengarang-ngarang pada Xiaodou kalau kata yang di katakannya itu, berarti : ingin berbaring sambil makan telur.

Ye Miao mengalihkan topik dengan menanyakan nama Xiaodou. Begitu tahu nama Xiaodou, Ye Miao malah mengejek nama Xiaodou yang terlalu santai. Dia jadi penasaran siapa yang memberikan nama itu. Paman Yan kebetulan sekali keluar rumah dan mendengar pertanyaan Ye Miao, menjawab kalau dia yang memberikan nama Xiaodou. Maksud nama Xiaodou adalah cara kuno yang mereka gunakan untuk menyebut warna. Ye Miao sampai takut karena sudah salah bicara.
Sialnya lagi, Xiaodou malah mengatakan kata kotor yang Ye Miao ucapkan tadi pada paman Yan. Dia kan di ajarkan Ye Miao kalau arti kata itu adalah berbaring sambil makan telur. Paman Yan langsung melotot pada mereka berdua, siapa yang mengajarkan keponakannya kata itu? Tidak perlu menunggu jawaban mereka berdua, paman Yan sudah bisa tahu kalau pelakunya adalah Ye Miao.
Ye Miao ketakutan di pukuli paman Yan, berlarian. Paman Yan mengejarnya dengan kemoceng di tangannya.
Ruining berbisik menasehati Xiaodou untuk tidak bicara kotor ketika sudah besar nanti. Jika tidak, nasib Xiaodou bisa seperti Ye Miao.
--
Ruining sudah mau tidur. Tapi, dia malah mendengar teriakan Ye Miao yang protes karena tidak ada air panas dan air terasa sangat panas. Dari dalam kamar, Ruining berteriak memberitahu kalau pemanas air itu hanya bekerja selama 5 menit. Jadi, kalau mandi harus cepat. Ye Miao protes balik dengan berteriak karena Ruining tidak memberitahunya dari awal. Ruining balas berteriak kalau dia mana tahu Ye Miao mandi begitu lama.
--
Ye Miao siap mandi dan langsung masuk ke kamar sambil menggigil. Dia satu kamar dengan Xiaodou. Xiaodou menyuruh Ye Miao untuk segera berbaring di dalam selimut dan dia juga sudah menghangatkan kasur Ye Miao. Tidak hanya itu, Xiaodou bahkan menawarkan diri untuk menghangatkan kaki Ye Miao.
Ye Miao dengan ramah menolak karna Xiaodou masih kecil. Dan tidak mungkin, dia membiarkan anak kecil yang mengurusnya. Xiaodou membalas kalau dia terkadang membantu menghangatkan kaki pamannya, jadi tidak masalah. Ye Miao tersenyum padanya. Dia kemudian bertanya dimana ayah dan ibu Xiaodou? Kenapa hanya ada Xiaodou dan paman Yan?
“Orangtua ku bekerja di Xiling.”
“Paman Yan adalah pembuat pigmen warna China di kota ini, kenapa orang tuamu masih harus bekerja di luar kota? Kenapa tidak membuka satu toko saja di kota ini?”
“Aku tidak tahu.”
Ye Miao paham kalau Xiaodou masih kecil dan tidak mengerti masalah orang dewasa. Tapi, dia malah menyarankan Xiaodou agar meminta paman Yan untuk menambah volume pemanas air demi kebaikan Xiaodou. Xiaodou merasa kalau hal itu pasti sangat mahal.
“Tidaklah. Lihatlah pajangan batu yang ada di kamar pamanmu. Salah satu dari batu itu kalau di jual bisa membeli pemanas air yang besar.”
“Paman pasti tidak akan setuju. Paman bilang kaau semua batu itu bukan untuk di jual.”
Ye Miao tidak mengerti kenapa batu itu tidak boleh di jual. Dia malah merasa kalau paman Yan adalah orang yang sangat pelit.
Pembicaraan mereka harus terhenti karena paman Yan sudah menyuruh mereka untuk tidur dan mematikan lampu.
--

Esok hari,
Pagi-pagi sekali, paman Yan sudah berteriak menyuruh semuanya bangun. Tidak hanya paman Yan yang sudah berisik tapi angsa peliharaannya juga sudah sangat ribut. Ye Miao yang masih sangat ngantuk merasa sangat terganggu dan bahkan bertekad akan memasak angsa itu suatu hari nanti.
--

Ye Lin ternyata pergi menuju kota Taoli menggunakan taksi. Supir taksi sampai heran karena pagi-pagi buta Ye Lin sudah mau menuju kota Taoli. Apa ada masalah mendesak? Karena menggunakan taksi ke kota Taoli, ongkos-nya sangat mahal. Ye Lin tidak peduli walaupun harganya mahal dan hanya mau tahu berapa lama lagi mereka akan tiba? Supir memberitahu sekitar setengah jam lagi. Ye Lin tampak lega karena sebentar lagi akan tiba.
Tidak lama, Ye Lin malah mendapat telepon dari PRT (Pembantu Rumah Tangga) keluarga Ye. Ibunya masuk rumah sakit karna keracunan alkohol. Ye Lin jelas kaget karena ibunya sangat jarang minum alkohol. Dan dimana ayahnya? Apa ada bersama ibunya?
Ye Lin menjadi marah saat tahu kalau ayahnya tidak ada dan beralasan sedang melakukan konferensi. Apakah konferensi itu lebih berharga daripada nyawa ibunya?!
Dan karena itu, Ye Lin meminta agar supir putar balik arah. Dia tidak jadi ke kota Taoli.
--
Ye Miao dan Ruining sudah bangun dan duduk bersama dengan paman Yan dan Xiaodou. Ruining protes pada paman Yan karena di bangunkan begitu pagi. Dia tahu kalau paman Yan mempunyai masalah dengan keluarga Ye (karena sudah mencuri muridnya), dan harusnya paman Yan hanya menyiksa Ye Miao. Kenapa dia juga ikut di siksa? Dia masih ingin tidur lebih lama.
Paman Yan menjelaskan kalau Ruining dan Ye Miao boleh tinggal di tempatnya, tapi harus mematuhi peraturan yang ada. Ruining bingung, karena dia kan sudah sering datang dan tinggal di tempat paman Yan, tapi tidak pernah ada peraturan apapun.
“Kalau biasanya, kau datang membeli pigment untuk ibumu. Hanya menginap dua atau tiga hari dan kemudian pulang. Tapi, kali ini berbeda. Di tambah lagi, kau membuat ‘beban’ bersama-mu,” jawab paman Yan. “Jadi, harus ada peraturan.”
Ye Miao tidak terima di sebut beban. Ruining sih pasrah saja dan menanyakan apa peraturannya?
Paman Yan menyuruh Ruining untuk bertanggung jawab atas memasak makanan. Ye Miao langsung tertawa. Tapi, tawanya hilang saat Paman Yan memberitahu kalau dia harus membantunya menggiling batu untuk membuat pigment.
--
Ye Lin sudah tiba di rumah sakit. Dia langsung menemui PRT (Pembantu Rumah Tangga) untuk menanyakan kondisi ibunya. Ibunya sangat jarang minum alkohol, bagaimana bisa ibunya keracunan alkohol? Berapa banyak alkohol yang ibunya minum? PRT tidak berani menjawab karena sudah di pesan oleh Ny. Ji.
Ye Lin memintanya untuk menjawab. Dan akhirnya, PRT itu memberitahu kalau kemarin adalah ulang tahun pernikahan orang tua Ye Lin, dan Ny. Ji sudah berusaha keras menyiapkan segalanya saat tn. Ye bilang akan pulang untuk makan malam. Tapi, tn. Ye lagi-lagi membatalkannya. Ny. Ji akhirnya membersihkan semuanya, kemudian pergi tidur. Dan ketika dia terbangun untuk memakai kamar mandi, dia melihat Ny. Ji yang terbaring mabuk. Mungkin sepanjang malam Ny. Ji minum wine. Tapi, dia tidak tahu pasti juga.
Ye Lin bertanya lagi, sudah berapa lama ayahnya tidak pulang ke rumah? PRT tampak gugup dan memberitahu kalau selama Ye Lin dan Ye Miao tidak ada di rumah, tn. Ye juga tidak ada. Ye Lin mengerti dan tidak bertanya lagi.

Usai itu, Ye Lin masuk dan melihat kondisi Ny. Ji. Ny. Ji terbangun karena kehadiran Ye Lin. Dia meyakinkan kalau dirinya baik-baik saja dan Ye Lin bisa kembali ke sekolah. Ye Lin dengan lembut berbohong kalau dia tidak ada kelas pagi ini dan hanya ada latihan drama nanti sore. Ny. Ji kemudian meminta Ye Lin untuk tidak memberitahu Ye Miao mengenai hal ini.
Saat Ye Lin bertanya apakah kemarin terjadi hal buruk? Kenapa ibunya meminum banyak wine? Ny. Ji berusaha tersenyum dan berbohong kalau semuanya baik-baik saja kemarin malam. Blue Aid Foundation mendapatkan proyek besar lagi. Jadi, dia merayakannya dengan meminum wine. Tapi, dia menjadi minum berlebihan karena terlalu senang. Jangan khawatir, dia baik-baik saja. Dengan adanya Ye Lin dan Ye Miao, dua anaknya yang pintar, mengapa dia harus tidak senang?
Ye Lin tahu alasan sebenarnya, tapi dia tidak mengatakan apapun dan berpura-pura percaya pada ibunya. Ye Lin meminta ibunya untuk tidur sekarang dan bersitirahat. Ny. Ji lagi-lagi mengingatkan kalau Ye Lin tidak boleh memberitahu masalah ini pada Ye Miao, takutnya dia menjadi khawatir.
--

Ruining sibuk menyiapkan api dan memasak. Sementara Ye Miao sibuk menggiling batu. Dan Paman Yan hanya duduk di tengah rumah mengawasi mereka berdua. Dia memperingati Ye Miao untuk tidak menggiling terlalu tebal atau tipis. Jika terlalu tebal, tidak bisa di gunakan. Jika terlalu tipis, pigment agar berwarna lebih abu-abu daripada kelihatannya.
Ye Miao sambil menggiling berujar kalau sekarang dia mengerti kenapa murid paman Yan kabur. Melakukan hal seperti tukang selama bertahun-tahun, sangat membosankan dan tidak ada artinya. Paman Yan membalas kalau anak muda seperti Ye Miao hanya tidak tahu betapa menyenangkannya pekerjaannya ini. Ye Miao tidak percaya.
Paman Yan mulai menjelaskan bagaimana menyenangkannya membuat pigmen dengan metode tradisional seperti ini. Kalau zaman dulu, mereka menyebutnya Nao Dong (imajinasi). Untuk bisa mendapatkan warna, orang zaman dulu bisa sangat bersemangat. Dan semua proses pembuatan warna terasa menyenangkan. Contohnya, ada beberapa tubuh serangga, dimana saat kau menghancurkan bangkainya, kau akan mendapatkan warna carmine. Dan itulah bagaimana kita menyebut serangga itu sebagai serangga carmine. Contoh lainnya, kau kira pembuat pigment hanya bekerja menggiling batu setiap harinya? Menurutmu, darimana mereka mendapatkan batunya? Mereka mendapatkan batunya dari sekitar mereka. Warna merah dari Wulin wells. Warna sandy dari Mocuo, dan masih banyak lagi. Bukankah semua itu menyenangkan?
Ye Miao terdiam mendengar penjelasan paman Yan. Dia akhirnya mengakui kalau semua mungkin terdengar menyenangkan, tapi apa gunanya? Hampir semua pigment sekarang ini mampu di buat dengan bahan kimia dan mesin.
Paman Yan langsung membahas kalau Ye Miao kan mahasiswa sejarah. Apa guru sejarah Ye Miao pernah mengajarkan apa tujuan dari sejarah? Ye Miao menjawab kalau tujuannya adalah ingatan. Paman Yan bertanya lagi, bagaimana caranya menjaga semua ingatan itu? Hanya dengan kata-kata? Salah satunya dengan lukisan. Dan pigment yang di gunakan dengan cara tradisional seperti ini, mampu bertahan hingga ribuan tahun. Tapi, dia mengakui kalau apa yang di katakan oleh Ye Miao ada benarnya juga.
Ye Miao menekankan pada Paman Yan kalau dia bukannya mau menyakiti paman Yan dengan perkataannya. Tapi, sebagai manusia, mereka tidak bisa hidup hanya dengan prinsip. Katakan sajalah, ada villa di depan paman Yan dan ada sekumpulan prinsip, yang mana yang akan paman Yan pilih? Paman Yan menjawab : Prinsip. Ye Miao sudah tahu kalau paman Yan akan menjawab seperti itu. Tapi, berapa banyak orang sih yang masih berpegang prinsip seperti paman Yan? Hanya sedikit. Meskipun paman Yan mempunyai banyak murid yang hebat, para murid itu pada akhirnya pasti akan memilih ‘villa’ daripada ‘pinsip’.
Paman Yan tetap pada pendiriannya, walaupun hanya tersisa dirinya sendiri, dia tetap akan memilih prinsip. Ye Miao hanya belum mengerti segalanya.

Usai pembicaraan panjang itu, paman Yan memutuskan untuk masuk ke dalam rumah sejenak. Setelah paman Yan masuk ke dalam rumah, Ruining menemui Ye Miao dan meminta tolong karena ada masalah dengan api masaknya. Apa Ye Miao bisa bantu lihat sebentar?  
Ye Miao dengan niat baik, pergi ke dapur untuk memeriksa. Tapi, sudah ada banyak asap di sana. Ye Miao sampai menggerutu, Ruining itu memasak atau buat asap, hah!

Eh, Ruining tiba-tiba saja berteriak di depan pintu memanggil paman Yan dan berkata kalau Ye Miao mengganggunya memasak. Dan semua masakannya jadi gosong semua karena Ye Miao. Mendengar laporan Ruining, Paman Yan langsung mengejar Ye Miao untuk memukulnya. Ye Miao yang tidak tahu apa-apa, jelas berlari ketakutan.
Sementara Ruining dengan santai malah memberikan pita pada leher angsa peliharaan paman Yan.
Lagi gaduh seperti itu, seorang pria berpakaian rapi datang untuk menemui paman Yan. Dia memperkenalkan diri sebagai Zhan He, dari Star Sky Cultural Entertainment. Paman Yan langsung bersikap sopan dan mengundangnya masuk ke dalam rumah untuk berbincang. Ruining dan Ye Miao jadi kepo siapa orang itu?
--

Fang Yuan memberitahu Shen Zhen kalau beberapa hari lagi, beberapa orang dari departemen publikasi akan datang bersama dengan Direktur untuk melihat latihan mereka. Penilaian mereka akan sangat tegas. Karena bagaimanapun, penampilan mereka ini akan di siarkan di TV Nasional. Jadi, setiap ekspresi Shen Zhen, sekecil apapun, akan melalui tes HD lens.
Setelah penjelasan panjang lebar pada Shen Zhen, Fang Yuan baru sadar kalau Ye Lin belum tiba juga padahal sudah harusnya latihan. Shen Zhen tertawa sinis karena dia menduga kalau Ye Lin pergi ke kota Taoli mengejar Ye Miao dan Ruining karena termakan hasutannya. Sok polos, dia berkata pada Fang Yuan kalau Ye Lin mungkin saja mengurus hal yang penting.
Sayangnya, perkiraan Shen Zhen salah. Karena Ye Lin datang saat itu. Dia meminta maaf karena sudah datang terlambat. Fang Yuan tidak marah asalkan Ye Lin datang dan menyuruhnya bersiap untuk latihan.
Saat Fang Yuan pergi memberikan pengarahan pada yang lain, Shen Zhen menyindir Ye Lin yang datang juga padahal dia sudah mengira Ye Lin tidak akan datang. Dia bahkan mengejek dengan berkata kagum pada Ye Lin.
“Karena kampus sudah memberikan tugas ini pada kita, kenapa tidak ku selesaikan dengan cepat kemudian baru pergi? Bukankah begitu?” balas Ye Lin.
“Aku setuju.”
“Dan, perkataanmu kemarin padaku, aku dan Ye Miao adalah saudara. Aku adalah abangnya dan dia adalah adikku. Hubungan persaudaraan kami tidak akan pernah bisa berubah tidak peduli apapun yang kau katakan untuk memutuskannya.”
“Senior, apa yang kau katakan semuanya benar. Aku hanya berharap senior bisa optimis seperti ini selamanya,” balas Shen Zhen, tapi menatap dengan pandangan mengejek pada Ye Lin.
Ye Lin tahu jelas maksud dari perkataan Shen Zhen sebenarnya. Dan dia balik bertanya pada Shen Zhen, menurut Shen Zhen antara dirinya dan Ruining, siapa yang sebenarnya pemeran utamanya?
“Kau tidak bisa bertanya hal itu. Dia adalah putri. Dan aku adalah pelayan.”
“Shen Zhen. Tidak pernah ada yang melihatmu sebagai pelayan. Terkadang, menjadi terlalu imajinatif bukan hal yang bagus,” nasehat Ye Lin.
“Semua orang yang berada di posisi atas bisa bertindak kasihan pada yang ada di bawahnya. Kau terus saja begitu. Terus saja berusaha keras. Untuk apa kau berpikir banyak? Hanya mendaki saja ke atas. Ya, aku ingin mendaki ke atas. Aku juga ingin menjadi sepertimu mengatakan ‘ayo naik’ dengan mudahnya pada orang yang ada di bawah. Tapi, coba kau tebak, jiwa yang memprihatikan di bawah jurang, setelah mendengar kalimat mudah ‘ayo naik’ tapi tidak pernah melihat siapapun yang benar-benar menolongnya, akankah dia merasa lelah?” balas Shen Zhen, sinis. Menganggap ucapan nasihat Ye Lin padanya hanya karena Ye Lin berada di atas dan tidak tahu sulitnya baginya.
Usai mengatakan semua itu, Shen Zhen sok minta maaf karena sudah bicara terlalu banyak. Dia mengajak Ye Lin untuk mulai latihan saja sekarang karna point extra ini sangat penting baginya.
--
Di kediaman paman Yan,
Zhan He sudah selesai bicara dengan paman Yan. Dia meminta paman Yan untuk memikirkan lagi perkataannya. Tapi, paman Yan tetap pada pendiriannya. Zhan He berkata kalau harga jual yang di tawarkan oleh perusahaannya sudah sangat tinggi. Batu malachite milih paman Yan itu, jika di jual melalui lelang, paling mahal seharga 3juta yuan. Dan mereka hanya bisa menawarkan segitu, tidak mungkin lebih tinggi lagi. Paman Yan membalas kalau harga batu nya tidak ternilai. Zhan He tidak menyerah. Dia akan meninggalkan kartu namanya, dan jika Paman Yan sudah berpikir baik-baik, bisa menelponnya besok.
Pembicaraan mereka berdua dari awal terdengar oleh Ye Miao.
Setelah Zhan He pergi, paman Yan mengajak mereka untuk makan. Saat duduk di meja makan, Ye Miao mengeluh melihat masakan yang Ruining lakukan, tidak ada daging lagi. Ruining membalas kalau ada ikan. Ye Miao masih mengeluh karena ikan yang terhidang pasti belum tumbuh besar karena besarnnya hanya sebesar jempol tangannya saja.
Ruining merasa kalau paman Yan sangat menyukai sayuran. Setiap kali dia datang kemari, dia merasa seperti sedang datang ke kuil saja. Makan saja yang tersedia.
Paman Yan mengajak Xiadou untuk makan. Paman Yan membagi 3 ikan yang ada untuk Ruining, Ye Miao dan Xiaodou. Mereka mulai makan dengan damai. Tiba-tiba saja, Xiaodou meminta Ruining dan Ye Miao untuk sering datang  kemari. Ye Miao mengira kalau Xiaodou sangat menyukai mereka berdua.
“Karena sejak kakak di sini, aku dapat makan telur orak arik angsa yang enak setiap hari. Dan juga makan ikan,” jawab Xiaodou.
“Jadi, biasanya, kau tidak makan telur orak arik angsa?” tanya Ye Miao, sedih.
“Ya. Karena harganya lebih daripada 10 yuan. Dan semua uang yang ada untuk membayar uang sekolahnya.”
“Xiaodou, uang sekolah mu, paman bisa membayarnya. Dan juga, ibu dan ayahmu, sekarang ini bekerja untuk menghasilkan uang untukmu,” ujar paman Yan.
Mendengar ucapan Xiaodou, Ye Miao dan Ruining jadi merasa tidak enak hati karena tadi sudah mengejek makanan yang ada, padahal ternyata makanan itu sudah termasuk mewah pada Xiaodou. Ruining dan Ye Miao bahkan akhirnya memberikan ikan mereka untuk Xiaodou makan.
--
Shen Zhen dan Ye Lin masih terus latihan. Chemistry mereka masih belum ada. Tapi, menurut Fang Yuan, hasilnya sudah lebih lumayan dari kemarin. Jadi, mereka sudah boleh pulang.
Karena sudah boleh pulang, Ye Lin langsung pergi dengan cepat.
--
Ye Lin pergi ke rumah sakit untuk menjemput ibunya dan membawanya ke rumah. Dia sangat perhatian pada Ny. Ji.
--
Paman Yan sudah selesai makan. Dan kembali kedatangan tamu beberapa pria. Salah satu pria itu adalah kepala sekolah. Xiaodou bahkan memberi hormat pada tn. Xie (Kepala Sekolah).
Tujuan tn. Xie datang adalah untuk memperkenalkan 2 orang pria yang adalah administrator dan direktur dari televisi daerah mereka. Jadi, karena akan ada perayaan di Universitas Xiling, sekolah Xiaodou juga akan di liput. Kenapa? Karena kota Taoli terkenal untuk pembuatan pigment lukisan China. Dan setelah pencarian latar belakang yang panjang, mereka menemukan kalau latar belakan Xiaodou dapat menjadi topik yang bagus.
Xiaodou kan adalah anak yang di tinggalkan orang tua untuk bekerja. Dan paman Yan adalah pengrajin yang hidup sederhana. Dan karena itu, mereka ingin melakukan wawancara singkat pada Xiaodou. Dan juga, mereka ingin Xiaodou berakting sedikit sedih saat wawancara. Seperti telah melalui banyak kesusahan selama mempertahankan tradisi. Lebih baik lagi kalau selama wawancara, Xiaodou menangis dan menghapus air mata. Dengan begitu, para penonton juga bisa menangis.
“Membuat anak kecil menangis?” ulang paman Yan, tampak tidak setuju.


Post a Comment

Previous Post Next Post